BARGO.ID – Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui Bagian Organisasi menggelar Sosialisasi Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Mandiri dan Pedoman Tata Naskah Dinas, Selasa (3/6/2025) kemarin, bertempat di Gedung Panua, Marisa.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Pohuwato, Iwan S. Adam, yang hadir mewakili Bupati Pohuwato.
Turut mendampingi, Sekretaris Daerah Iskandar Datau, Asisten Administrasi Umum Mahyudin Ahmad, Staf Ahli Bupati Rustam Melleng, Kepala BKPSDM Supratman Nento, Kabag Organisasi Yusni Rahman, serta seluruh sekretaris OPD dan kasubag kepegawaian kecamatan se-Kabupaten Pohuwato.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Pohuwato, Iwan S. Adam, menekankan pentingnya penyeragaman tata naskah dinas di lingkungan pemerintah daerah guna menciptakan administrasi yang tertib dan sistematis.
“Naskah dinas harus diselaraskan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas. Ini penting untuk menjaga keteraturan dalam tata kelola pemerintahan,” ujar Wabup Iwan Adam.
Wabup Iwan Adam pun mengapresiasi inisiatif Bagian Organisasi dan BKPSDM yang telah menggagas kegiatan ini, seraya berharap agar sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh perangkat daerah terhadap sistem administrasi, khususnya terkait surat-menyurat.
“Melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan seluruh proses administrasi berjalan sesuai Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2024 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Wabup Iwan Adam juga menekankan pentingnya kedisiplinan di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai bagian dari upaya memperkuat kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pohuwato.
Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi, Yusni Rahman, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi tahapan awal dalam pelaksanaan PEKPPP tahun 2025.
Tahun ini, Pemkab Pohuwato akan melaksanakan tiga jenis evaluasi PEKPPP, yaitu PEKPPP Nasional, PEKPPP Mandiri Instansional, dan PEKPPP Khusus.
“Ketiga jenis evaluasi tersebut akan melibatkan seluruh perangkat daerah sebagai unit penyelenggara pelayanan publik. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini penting sebagai langkah awal agar proses evaluasi dapat berjalan efektif dan terarah,” jelas Yusni.
Melalui kegiatan ini, Pemkab Pohuwato menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis sistem administrasi yang tertib dan terstandar.
#B | 02